Apa itu Online Value Proposition (OVP)?

Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Menjawab salah satu pertanyaan yang datang ke saya mengenai, “Bagaimana Cara Toko Online (Website) kita ramai di datangi pengunjung dan terjadi penjualan dengan Low Badget?”. Mendorong saya untuk membuat Artikel ini.

Sahabat, membuat sebuah Toko Online adalah seperti membuka Toko di kawasan perbelanjaan yang ramai pengunjung. Dibutuhkan keunikan agar orang-orang mau mampir dan belanja. Lalu, Bagaimana membuat Toko Online (Website) Anda menjadi unik tapi LOW Budget?. Jawabannya adalah dengan Online Value Proposition (OVP).

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang, “Apa itu Online Value Proposition (OVP)?” dan “Apa Manfaat dan Tujuan dari Online Value Proposition?”.

Sahabat, jika Anda bergerak dalam bidang Internet Business yang memiliki Toko Online (Website), Anda pasti merasakan Bagaimana susahnya menarik perhatian pelanggan agar dapat membeli Product Jual Anda.

Begitu juga dengan Anda yang akan membuat sebuah Toko Online (Website), Anda pasti sadar bahwa ketika Anda meluncurkan Toko Online (Website) Anda adalah sama seperti Anda membuka Toko di sebuah tempat perbelanjaan yang ramai pengunjung.

Coba Anda bayangkan kondisi Toko Anda ketika dihadapkan Toko yang sama besar, Pelayanan yang sama-sama prima dan tidak sedikit yang menjual product hampir sama dengan Anda. Tentunya dalam situasi ini, kita harus bersaing lebih ketat. Dimana mungkin Anda mulai mengadakan Promote dengan menyewa Jasa Advertising (Periklanan) atau mungkin Anda akan menyewa seorang Marketing yang intinya agar pelanggan/pengunjung Anda tidak mampir ke Toko sebelah. Minimal kalaupun sudah masuk, pelanggan/pengunjung masih mau mampir ke Toko kita.

Situasi seperti ini, sama seperti situasi pada saat Anda membangun Toko Online (Website). Di dalam dunia Internet Business, banyak terdapat Design Toko Online (Website) yang menarik. Perbedaan antara Business di Dunia Nyata dengan Dunia Internet Business adalah perhitungan kunjungan pelanggan ke Toko Anda. Di Internet setiap detik, Toko Online (Website) Anda, pasti akan di kunjungi. Sedangkan dalam Dunia Nyata, dalam 30 menit belum tentu ada yang mengunjungi. :P

Dalam hal permasalahan ini, Design suatu Toko Online dan Support Customers suatu Toko Online (Website) adalah hal biasa bagi setiap Customers/Visitor Anda. Hal Terpenting sebelum Anda mulai membangun Internet Business dan meluncurkan Toko Online (Website) Anda, pastikan Anda merancang terlebih dahulu Online Value Proposition (OVP).

Lalu, Apa itu Online Value Proposition (OVP)?.

Online Value Proposition adalah sebuah Keunikan yang dimiliki oleh sebuah Brand yang dikemas menjadi kekuatan Toko Online (Website) dan ditawarkan sebagai Special Benefit.

Dalam hal merancang Online Value Proposition, bukan mengenai pengulangan Servis atau Message yang pernah ditawarkan kepada Customers/Visitor Anda melalui Media Advertising Online atau Konvensional. Melainkan kelanjutan dari keunggulan pesan di Media Advertising Online atau Konvensional.

Jadi, Bagaimana Cara Merancang Online Value Proposition (OVP)?.

Sebelumnya jika Anda pernah atau saat ini masih bergerak dalam Business Dunia Nyata (Konvensional), pasti tidak asing dengan yang namanya Customers Centric Marketing, Konsep bidang pemasaran yang menjadikan Konsumen sebagai Fokus. Baik dari sisi manfaat Product, Metode penyampaian pesan, maupun Price Strategy. Dan Online Value Proposition (OVP) adalah pengembangan dari Konsep Customers Centric Marketing.

Dalam arti, di Dunia Internet, Konsep ini hanya perlu dilengkapi dengan Pemahaman Perilaku Konsumen pada saat mereka berperan menjadi Online Customers/Visitors.



Ada 7 pertanyaan yang harus Anda temukan Jawabannya sebelum Anda mulai membangun Internet Business dan meluncurkan Toko Online (Website) Anda, yaitu:
1. Siapakah Target Konsumen Anda di Dunia Internet?. (Apakah Wanita/Pria/Keduanya?. Di umur berapakah yang menjadi target Anda, dan sebagainya).
2. Apa Keunikan Product and Services yang paling atau dapat ditonjolkan dalam Internet Business atau Toko Online (Website) Anda?.
3. Apakah Toko Online (Website) Anda akan atau sudah menampilkan keunikan dari Brand Anda?.
4. Apakah Toko Online (Website) akan atau sudah menjadi penghubung yang sesuai dengan Brand yang sudah dibuat?.
5. Apa Services yang ditawarkan dalam Strategy Anda berbeda dengan Services pada Kompetitor (Pesaing) Anda?.
6. Jika Ya, Apakah Services tersebut sudah cukup unik dan mampu membuat Brand kita tampil beda dengan Kompetitor (Pesaing) kita?.
7. Bagaimana dampak aktivitas Internet Business Anda terhadap Brand dan Services Anda dalam Dunia Nyata (Konvensional)?.

(*Berlaku juga buat Anda seorang Blogger yang memiliki atau ingin membuka Jasa melalui BLOG Anda).

Ok, penjelasan diatas adalah mengenai Apa Itu Online Value Proposition (OVP). Selanjutnya saya akan membahas tentang Manfaat dan Tujuan Online Value Proposition.

Tujuan dari Online Value Proposition sebenarnya sangat Simple, asalkan Anda dapat menemukan 7 Jawaban dari pertanyaan diatas, yaitu supaya Konsumen segera mengerti manfaat yang ditawarkan Toko Online (Website) Anda atau Kita untuk mereka.

Sedangkan Manfaat dari Online Value Proposition ada 4 yaitu:
1. Membantu mengarahkan Design Tampilan Toko Online (Website), yang kuat dan yang membedakan Anda dengan Kompetitor (pesaing) Anda.
2. Sebagai Public Relation yang dapat berperan langsung dengan mereka dan membantu menaikan Brand Ada.
3. Dapat menjadi pelengkap yang berfungsi melanjutkan pesan Brand Toko Online (Website) Anda di Dunia Nyata (Konvensional).
4. Membantu menguatkan upaya Online Marketing Anda.

Bayangkan, jika Anda bisa merumuskan Online Value Proposition pada Toko Online (Website) Anda sejak awal, maka Anda akan memiliki sebuah Toko Online (Website) yang berfungsi sebagai pusat Aktivitas Marketing di Media-media lain.

Dan sebaliknya jika tidak, maka Anda hanya akan memiliki sebuah Toko Online (Website) seasonal (Musiman) yang berlangsung selama masa promosi dan setelah selesai masa promosi… :D bisa Anda tebak sendiri..

Intinya adalah Online Value Proposition meyakinkan pelanggan akan manfaat apa yang dapat Anda (sebagai pemilik Toko Online – Website) berikan kepada mereka. Online Value Proposition Anda haruslah dapat membedakan Anda dengan pesaing lainnya di industri yang sama dalam Internet Business. Melalui Online Value Proposition yang Anda nyatakan, harus tercermin keunggulan yang Anda miliki dibandingkan dengan kompetitor lain di Internet.

Online Value Proposition yang kuat tentunya akan memberikan manfaat besar bagi Anda. Pendapatan meningkat, pangsa pasar meningkat, dan pelanggan lebih loyal. Secara otomatis akan memaksimalkan kinerja Toko Online (Website) Anda.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.


Semoga Pengalaman dan Tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.


All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

3 thoughts on “Apa itu Online Value Proposition (OVP)?

  1. Setuju banget dengan konsep Customers Centric Marketing atau YOU ORIENTED, NOT ME ORIENTED. Melihat produk kita dari sisi konsumen. Seolah-olah kita jadi calon pembeli terhadap produk itu. Sehingga kita bisa merasakan apa yang konsumer rasakan.

    Konsumen akan membanding-bandingkkan antara toko online A dan B. Meski si A mungkin lebih mahal, tapi desainnya lebih menarik, sellernya lebih dikenal sehingga tentunya trust jadi meningkat dll. Karena sebagus2nya web maupun produk yang ditawarkan, safety feeling adalah faktor yang penting.

    Dan yang terpenting adalah ada NILAI TAMBAH dan SERVICE AFTER SALES.
    ADAbisnis.com´s last blog post ..Sudah Saatnya CEO – Owner Perusahaan Juga Ngeblog

  2. ADAbisnis.com :

    Setuju banget dengan konsep Customers Centric Marketing atau YOU ORIENTED, NOT ME ORIENTED. Melihat produk kita dari sisi konsumen. Seolah-olah kita jadi calon pembeli terhadap produk itu. Sehingga kita bisa merasakan apa yang konsumer rasakan.

    Konsumen akan membanding-bandingkkan antara toko online A dan B. Meski si A mungkin lebih mahal, tapi desainnya lebih menarik, sellernya lebih dikenal sehingga tentunya trust jadi meningkat dll. Karena sebagus2nya web maupun produk yang ditawarkan, safety feeling adalah faktor yang penting.

    Dan yang terpenting adalah ada NILAI TAMBAH dan SERVICE AFTER SALES.
    ADAbisnis.com´s last blog ..Sudah Saatnya CEO – Owner Perusahaan Juga NgeblogMy ComLuv Profile

    @ADAbisnis.com
    :-o “You (Customers) Oriented, Not Me Oriented”. Mantep! :D

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge