Cara Mudah Antisipasi Atau Menghindari Pembajakan Artikel


Hai Sahabat yang Luar Biasa,

Pernahkah Anda merasa kesal dan sebal ketika mendapatkan artikel yang Anda buat sendiri, tiba-tiba berada di blog atau situs orang lain tanpa diberikan sumber bahwa artikel itu milik Anda?.

Memang menyebalkan jika artikel yang sudah kita buat susah payah, malah di dibajak atau di copy paste oleh orang yang tidak dikenal bahkan tanpa identitas. Mungkin kalau orang tersebut atau yang membajak tersebut memberikan sumber berupa asal link asal artikel, akan bisa dimaklumkan.

Nah buat Anda pemilik blog yang merasa sebal dan kesal, saya akan memberikan sedikit cara mudah untuk Antisipasi atau Menghindari Pembajakan Artikel yang sering disebut CoPas atau Copy Paste.

Jika Anda menggunakan WordPress Self Hosting, Anda bisa search plugin atau download plugin “WP Copy Protect” yang dimana fungsinya untuk menonaktifkan klik kanan dan selektif pada artikel blog. Hasilnya seperti yang pada blog saya ini, dimana Anda tidak dapat melakukan selektif artikel dan juga klik kanan yang dimana ada pemberitahuan.

Lalu bagaimana jika Anda menggunakan blogspot.com?.

Buat Anda pengguna blogspot.com, Anda bisa copy script “No Right Click” dan kemudian buka template Anda dengan posisi “Edit HTML”. Setelah itu letakan (paste) script tersebut diatas atau sebelum code: /head.

Buat Anda pembajak artikel blog (copy paste) untuk kepentingan Anda sendiri, ada bijaknya memberikan link sumber asal artikel yang Anda copy paste. Jika tujuannya meningkatkan traffic pada blog Anda, maka dengan Win Win Solution memberikan sumber asal artikel, secara tidak langsung Anda juga berbagi traffic kepada pemilik artikel. Anda butuh content, si pemilik blog bisa memberikan asal meletakan link sumber dan tentunya feedback kecil seperti ini tidak akan mengurangi traffic Anda bukan?.

Semoga tips atau cara yang saya berikan secara singkat ini dapat memberikan antisipasi atau menghindari pembajakan artikel kepada Anda selaku pemilik blog.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Silahkan hubungi saya, jika Anda membutuhkan layanan Professional Consulting untuk Bisnis Anda atau “Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

13 thoughts on “Cara Mudah Antisipasi Atau Menghindari Pembajakan Artikel

  1. dilema sih sebenarnya mem-protect postingan…

    masalahnya kalau di protect, tulisan kita cuma ada di blog kita… misal tulisan kita bagus dan orang ingin berbagi tulisan tadi ke yang lain, paling cuma bisa lewat socmed yang mengarah ke web kita… jadi penyebaran info yang kita berikan kurang maksimal…. intinya sih, ke-ikhlasan kita aja untuk berbagi… masalah gak dikasih sumber, biar urusan si copier dan yang di atas :p

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge