Don’t Try To Make Money Online, If You Don’t Know The Market!

Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Beberapa orang mengatakan, “Yang penting coba dulu!”. Yes! Saya tidak menyalahkan apa yang mereka katakan, tapi yang menjadi permasalahan saya adalah Apakah dengan mengatakan “Yang Penting Coba Dulu!” sudah pasti akan mendapatkan Real Money from Online?.

Beberapa orang juga mengatakan, “Kalau tidak Nekad, tidak akan jalan!”. Yes! Saya juga tidak menyalahkan apa yang mereka katakan, tapi yang menjadi permasalahan saya adalah Apakah dengan mengatakan “Kalau tidak Nekad, tidak akan jalan!” sudah pasti akan mendapatkan Real Money from Online?.

Banyak pemula dalam menjalankan Internet Business, terlalu memiliki pemikiran yang sederhana sehingga sering berhenti dipertengahan jalan. Pertanyaan saya adalah Bagaimana jika Anda dipercaya memegang suatu perusahaan dengan Modal milik orang lain yang sudah Anda habiskan dan tiba-tiba Anda berhenti ditengah jalan?. Sudah pasti yang rencana awalnya adalah menjadikan Income, berubah menjadi Hutang.

Ok, dalam artikel ini saya akan membahas tentang “Don’t Try To Make Money Online, If You Don’t Know The Market”. Yes, Jangan Pernah Coba Mencari Duit Secara Online, Jika Anda Tidak Mengenal Target Market/Pasar Anda.

Sering kali kita mendapatkan kata-kata, “Take Action donk!”. Yes, tidak ada yang salah dengan kata-kata “Take Action”. Yang salah adalah Apakah untuk Take Action tersebut, Anda sudah memiliki Bekal pengetahuan yang pasti?.

Sebagai contoh: Anda ingin jualan Tempe, kemudian Anda langsung buat Tempe dan Packing. Yang akan menjadi pertanyaan Anda setelah Packing selesai adalah Tempe yang Anda buat ini mau dipasarkan kemana dan kearah kalangan mana?. Menengah kah? Kebawah kah? Atau Keatas kah?. Untuk Lokal atau Export?.

Apakah Anda mengharapkan Bisnis Anda di Internet seperti contoh diatas?. Anda sudah ada product Jual, sudah buat Website, sudah susun Strategy marketing/penjualan, tetapi bingung mau dijual kemana dan timbul pertanyaan “Apakah ada yang berminat?”. Pada akhirnya terbengkalai and Closed Business.

Terbengkalai dan Closed Business, tentu tidak diharapkan setiap orang. Tujuan Business adalah Making Money or Profit atau Getting some Passive Income in Long Terms pastinya.

Ada 10 Success Business Tips dari saya sebelum Anda mulai Berbisnis di Internet yaitu:
1. Research your Selling Product. Sebelum Anda terjun dalam Bisnis di Internet, riset terlebih dahulu Product Jual Anda. Apakah banyak yang cari atau tidak.

2. Research your Target Market. Pahami terlebih dahulu keadaan pasar Anda terlebih dahulu, Kemana Product Anda akan dijual? Dan Siapa yang akan menjadi Target Pembeli Anda?. Misalnya: Anak-anak, Dewasa, Pria, Wanita, Lokal, Export.

3. Building Business WeBLOG/Website. Dalam Berbisnis di Internet, sebuah WeBLOG/Website adalah hal yang penting karena di ibaratkan seperti perusahaan/toko Anda.

4. Building your Selling System. Apakah Anda ingin sendiri atau menggunakan sistem Joint Venture or Reseller. Jangan lupa, pembayaran yang mudah akan menarik pembeli.

5. Building The Branding. Hal yang paling terpenting dalam Berbisnis adalah Branding. Tanpa Branding, Product/Perusahaan Anda tidak akan dikenal oleh orang.

6. Buiding your Success Team. Business yang sukses adalah Business yang memiliki Team yang kuat. Mulailah dengan mencari Marketing, Public Relation, Customers Service, Designer dan sebagainya.

7. Building The Community. Bangun Komunitas Anda sendiri yang dapat dilakukan dengan Jejaring Social Media atau Forum.

8. Start your Business Planning Promote System. Apakah dengan cara Offline atau Online. Persiapan Budget untuk melakukan Promote, agar tidak membengkak. Promosi juga dapat dilakukan dengan Prease Release kepada Online News seperti Detik.com, Kompas.com, dan sebagainya.

9. Start Promote your Business. Apapun Bisnis Anda, tidak akan berhasil tanpa sebuah Promosi/Advertising.

10. Manage your Success Business. Langkah terakhir adalah Manage Business Anda dengan benar. Mulai dari Arus Keuangan, Arus Pelanggan (Traffic), Product Jual, dan sebagainya. Termasuk meningkatkan dan menjaga Branding.

Setelah 10 Success Business Tips diatas, Apakah Business Anda akan berjalan begitu saja dan Traffic akan meningkat?. No!. Untuk membuat pembeli kembali ke Business WeBLOG/Website kita adalah bukan hal yang mudah. Misalnya: 10 orang pertama datang, diantaranya ada 2 orang yang beli. Apakah nantinya 2 orang tersebut akan kembali membeli product Anda?. Saya jawab lagi “TIDAK!”. Lalu apa yang menjadi alasan mereka membeli di awal?. Simple Answer, karena mereka menemukan Product yang mereka cari dan penting/berguna bagi mereka.

See, people not buying any stuff or Products on the Internet, but people looking or searching the solutions in the Internet. Solusinya adalah dirikan Personal Branding WeBLOG Anda dan berikan Solusi yang mengarah ke Business WeBLOG/Website Anda.

Sebagai contoh: Anda memiliki Internet Business yang bergerak dalam bidang Pakaian dan sudah memiliki Business WeBLOG/Website sebagai Support System Anda di Internet. Dan orang tidak akan mungkin langsung membeli Product Anda tanpa memeriksa Kredibilitas Product yang Anda jual, bisa melalui Testimonial pembeli atau bukti pengiriman. Kalau menunggu hal itu, akan memakan waktu lama sekali. Karena itu buatlah Blog yang berisi tentang Solusi tentang pakaian seperti bagaimana cara merawat pakaian agar warna tidak pudar dan apabila Anda memiliki productnya, bisa Anda masukan secara tidak langsung seperti “Oleh karena itu kami selalu menganjurkan kepada Clients/Pembeli kami untuk menggunakan Product A (Link ke Link Product Business WeBLOG Anda)”.

Dengan begitu, ada 2 hal positif yang akan timbul atau dapatkan, yaitu:
1. Traffic meningkat dan Otomatis Penjualan meningkat.
2. Branding Business Anda meningkat.

So, Don’t Trying To Make Money Online, If You Don’t Know The Market!. Research dahulu Product Jual Anda untuk Know The Market dan Research dahulu The Market untuk Know The Target Selling.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan sebuah “Personal Branding WeBLOG, Powerful Business WeBLOG, Powerful Online Shop atau Powerful Facebook Page“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Contact@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Digital Strategist dan Konsultan Bisnis. Founder & Master Coach of AWK Academy.

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge