Etika BLOGWalking dan Apa itu BLOGWalking?

Etika BlogWalking dan Apa itu BlogWalking?

Apakah Anda pernah melakukan BlogWalking?. Atau Anda belum tahu tentang Apa itu BlogWalking?. Dan yang terpenting adalah tahukah Anda, ternyata melakukan BlogWalking juga ada Etikanya.

Dalam artikel ini, saya akan membahas hal yang mungkin menurut saya dan beberapa sahabat Blogger adalah Penting karena bisa mendapatkan Backlink yang berfungsi untuk meningkatkan Rank Blog.

Yes!. Saya akan membahas tentang Apa itu BlogWalking? dan mengenai Etika BlogWalking yang mungkin hampir semua Blogger belum mengetahuinya.

Jika dipisahkan sebagai definis arti dari BLOG dan Walking adalah:

  • 1. BLOG adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
  • 2. Walking, yang diambil dari bahasa Inggris yang berarti Jalan-jalan.

Kesimpulan dari arti BlogWalking adalah suatu Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang (individu) dengan mengunjungi satu Website ke Website lain untuk mencari sebuah Inspirasi, Motivasi, Ide dan sebagainya serta meninggalkan Komentar dan Link untuk saling berbagi sesama pemilik Website satu dengan yang lainnya.

Atau lebih singkatnya lagi tentang arti BlogWalking adalah mengunjungi Website lain untuk mendapatkan inspirasi, motivasi, ide dan sebagainya serta saling berbagi antara satu dengan yang lain.

Dalam melakukan BlogWalking, kebanyakan blogger tidak menyadari kalau sebenarnya aktifitas BlogWalking memiliki Etika.

Lho? Baru tau, emang ada Etika dalam BlogWalking?

Yes!. Etika dalam BlogWalking sangat jarang diketahui oleh para Blogger pemula dan kemungkinan Blogger Professional juga.

Ada 2 Etika dalam BlogWalking yang harus diketahui setiap Blogger Pemula, Pengunjung Blog dan Blogger Professional, yaitu:

  • 1. Etika Berkomentar.
  • 2. Etika Berkunjung.

Etika Berkomentar,
Dalam menulis sebuah Komentar Artikel dan meninggalkan Link yang akan menjadi Backlink buat Anda tentu memiliki Etika tersendiri yang dimana Anda harus berpikir Bagaimana tulisan komentar Anda dapat dibaca oleh pengunjung blog yang Anda kunjungi juga dan tertarik untuk klik Link URL yang Anda tinggalkan (bukan berpromosi). Jadi berikan komentar Anda yang terbaik sebagai bentuk menghargai penulis blog. Dan yang terpenting, tinggalkan nama Anda dengan benar.

Contoh:
Jika nama Anda misalnya “Rian” maka tuliskan nama Anda “Rian” dengan Link ditujukan Website/Blog Anda.

Etika Berkunjung,
Etika ini paling banyak diabaikan oleh setiap orang. Bagaimana rasanya jika ada seseorang berkunjung ke rumah Anda dan tanpa permisi, orang tersebut langsung masuk dan keluar begitu saja.
Sebagai pengunjung setidaknya Anda dapat memberikan Feedback kepada pemilik blog sebagai bentuk apresiasi/menghargai si penulis blog dengan cara meninggalkan komentar pada artikel yang Anda baca. Tidak harus setiap artikel, minimal artikel yang menurut Anda bermanfaat.

Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

13 thoughts on “Etika BLOGWalking dan Apa itu BLOGWalking?

  1. rizalfikry :

    penjelasan yang bagus bang….

    fast reading itu contoh jelek jangan ditiru mas….

    pa lagi komengnya cuman PertamaXXX

    tapi saya memang pertamaXX
    rizalfikry´s last blog ..1st AnniversaryMy ComLuv Profile

    @rizalfikry
    Wah Cepat juga… :D
    Yeah Fast Reading memang contoh yang jelek, mereka cari apa yang menjadi Solusi, setelah itu Closed tanpa pamitan.. :P

  2. Sore Mas Andhika,
    Benar sekali Mas Andhika,kalau menurut saya bukan hanya dalam kehidupan kita sehari-hari kita harus beretika tapi dalam setiap apapun yang kita kerjakan harus beretika,apalagi berbisnis ya?

    Saya sudah mengikuti Anda hampir 2 minggu,tapi saya sendiri belum memulai apa-apa

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge