Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Di Internet

Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Di Internet


Hai Sahabat yang Luar Biasa,

Kemarin saya mendapatkan Direct Message di Twitter dari salah satu Followers yang bertanya, “Pak, sebagai pemula saya harus mulai darimana?. Saya sudah take action, tapi belum menghasilkan di Internet”. Dan saya menjawab, “Pondasi Anda sudah kuat atau belum?. Tujuan Anda sudah jelas atau belum?”. Dan beberapa menit kemudian Follower yang bertanya ini menjawab, “Maksudnya bagaimana pak?. Kan tinggal Take Action”.

Well guys, Apa yang ada di pemikiran kalian tentang kata “TAKE ACTION”. Saya jamin Anda akan menjawab, “Take Action = Lakukan Langsung”.

Sering sekali saya sampaikan kepada setiap orang yang konsultasi kepada saya untuk memahami terlebih dahulu konsep Bisnis di Internet, Marketing di Internet, dan Mediator di Internet (Affiliate).

Bisnis di Internet adalah Bisnis. Yang berarti ada Beli, Jual dan Negosiasi. Marketing di Internet adalah Marketing. Yang berarti ada Strategy Pemasaran agar product terjual. Dan Mediator di Internet (Affiliate) adalah Mediator. Yang berarti ada Strategy personal yang mengusahakan bagaimana product orang lain ini bisa terjual dan mendapatkan komisi.

Banyak pemula beranggapan menjalankan Bisnis di Internet is Very Easy. Modal Blog, Modal ikut Clickbank/Amazon/eBay, Program Adsense/PTC/PPC dan Domain & Hosting berarti sudah bisa menghasilkan Uang di Internet.

Dalam artikel ini, saya tidak akan membahas tentang kegiatan Internet Marketing dan Affiliate Marketing. Yang saya bahas dalam artikel ini adalah Penyebab Kegagalan Anda dalam Bisnis di Internet.

Well, dalam artikel sebelumnya, saya pernah menuliskan tentang “Mau Bisnis di Internet?. Mulai Dengan Blogging Dulu”. Kenapa harus Blogging dulu?“. Anda bisa baca alasannya di:

Dan ada 5 Penyebab Utama Kegagalan Anda dalam menjalankan Bisnis di Internet, yaitu:
1. Kelebihan Informasi
Banyak orang menggebu-gebu melihat penghasilan seseorang yang mencapai ratusan bahkan ribuan dollar setiap bulan. Lalu mulai mencari informasi bagaimana cara mereka melakukan hal itu. Kemudian mulai mencari dan download eBook tentang Menghasilkan Ribuan Dollar di Internet. Akhirnya No Take Action! Karena bingung harus mulai darimana.


2. Kekurangan Informasi
Biasanya kegagalan dalam bisnis di internet juga karena “Sok Tahu”. Banyak orang gagal menjalankan Bisnis di Internet, karena mereka merasa sudah mengetahui seluk beluk di Internet, sehingga tidak membutuhkan seorang Consultant, Mentor dan Komunitas. STOP!. Jika itu Anda, mulailah kembali belajar dari NOL supaya Anda bisa menjalankan dengan pondasi yang benar.

3. Gratisan
Gratisan adalah kesalahan terbesar dan merupakan kegagalan utama seseorang dalam menjalankan Bisnis di Internet. Yang namanya Gratis, memang asik, tapi yang namanya Gratis pasti ada kekurangannya. Banyak pemula mencari eBook Gratis tentang Bagaimana Menghasilkan Uang di Internet, setelah dapat, baca dan praktek, ternyata Gagal. Lalu menyalahkan si pembuat eBook dengan mengatakan “Penipu”, “SCAM”, “HOAX” dan sebagainya.

Etikanya adalah Anda tidak bisa menyalahkan orang yang sudah memberikan Informasi kepada Anda. Tetapi salahkan Anda kenapa tidak bertanya kepada orang yang memberikan Informasi itu. Setiap pembuat product, selalu menyediakan 2 jenis product yaitu Gratis dan Berbayar. Pembuat Product bukan seseorang yang bodoh yang tidak akan tahu kalau product mereka akan tersebar gratis. Karena itu, mereka memberikan Link tertentu didalam Product Gratis.

Tidak selamanya Gratisan itu sempurna. Kalau Anda ingin berhasil dalam Bisnis di Internet, Anda harus mulai belajar membayar.

Pengalaman saya adalah saya membeli Camstudio seharga $200an, yang padahal saya tahu kalau di Forum banyak yang memberikan link download Gratis + Keygen. Lalu kenapa saya membeli semahal itu?. Simple, karena kalau saya sudah mengeluarkan $200an berarti saya harus bisa memanfaatkan software itu untuk bisa mengembalikan $200an yang sudah saya keluarkan. Bahkan sampai sekarang, saya masih tetap membeli software yang saya butuhkan. :)

4. Modal.. Modal.. Modal..
Mau menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar per bulan?. Mau berbisnis di Internet dengan penghasilan yang besar?. Tapi tidak mau mengeluarkan Modal?. Pertanyaan saya adalah “Bisnis mana yang tidak memerlukan Modal?”.

Saya pernah mendapatkan konsultasi dari seseorang, “Pak, Bagaimana cara mulai Bisnis di Internet tanpa Modal”. Saya menjawab, “Bisnis mana yang tanpa Modal?. Anda bertanya kepada saya, sudah mengeluarkan Modal yaitu Internet”.

Seberapa besar modal Anda, mempengaruhi keberhasilan Bisnis Internet Anda. Tidak ada seorang Mentor/Pakar/Guru yang mengajarkan untuk menggunakan Gratisan. Kecuali memang Anda dalam tahap belajar dan ingin terus dalam tahap belajar.

Contoh lain:
Anda sudah tahu kalau Verifikasi Paypal hanya bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu Credit Card dan Virtual Credit Card. Tetapi Anda masih mencari Bagaimana Cara Verifikasi Paypal Gratis. Akhirnya Anda menemukan caranya dan mulai melakukan Verifikasi, beberapa bulan kemudian Paypal Anda di suspend/dispute. Salah siapa?. Salah yang memberikan informasi Cara Verifikasi Paypal Gratis atau salah Anda?. :)

5. Take Action!
Anda pasti bertanya, “Lho kok Take Action juga menjadi penyebab Kegagalan dalam Bisnis di Internet?”. Yes!. Saya masukan kedalam salah satu penyebab kegagalan seseorang dalam bisnis di internet.

Take Action = Lakukan dan Lakukan!


Banyak orang salah mengartikan “Take Action”. Take Action berarti Lakukan dan Lakukan. Anda ingin berhasil maka Trial & Error. Tidak ada Bisnis atau kegiatan Marketing yang dilakukan hanya dengan sekali lalu berhasil.

Jika Anda melihat penghasilan seseorang yang mencapai ribuan dollar per bulan atau puluhan ribu dollar di Internet, pernahkah Anda berpikir, “Berapa banyak kegagalan yang sudah dia lewati dan berapa kali dia mencoba untuk mendapatkan hasil seperti itu?”.

So guys, 5 Penyebab Utama Kegagalan Bisnis di Internet dalam artikel ini adalah kegagalan saya terdahulu. Jangan sampai Anda tidak memiliki Pondasi yang tepat untuk mulai Bisnis Anda di Internet dan kegiatan Internet Marketing atau Affiliate Marketing Anda. :)


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda sebagai bentuk Apresiasi Anda :) dan nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan layanan”Powerful Branding Blog, Branding Online Shop, Branding Minisite, Branding Facebook Page, Powerful SEO, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

4 thoughts on “Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Di Internet

  1. Saya juga sudah alam menyadari kalau “Kelebihan Informasi” sangatlah tidak baik. itu hanya membuat Calon Pebisnis jadi bingung dan kemudian melemahkan semangat..lebih baik segera bertindak berbekal info secukupnya..sambil mencari error nya dimana, baru belajar lagi…

  2. andry sianipar wrote:

    Saya juga sudah alam menyadari kalau “Kelebihan Informasi” sangatlah tidak baik. itu hanya membuat Calon Pebisnis jadi bingung dan kemudian melemahkan semangat..lebih baik segera bertindak berbekal info secukupnya..sambil mencari error nya dimana, baru belajar lagi…

    @ andry sianipar:
    Agree :D

  3. terima kasih guru ku kau telah memberi sedikit motivasi bagi ku . mungkin klo aku paling merasa pada point numb. 1 yaitu aku paling suka klo liat2 bukti pembayaran di mbah google lewat paypal, dan hasilnya wah..buktinya mantap sampe ratusan bahkan ribuan $$$ tapi apa? aku hnya seorng penonton bukan seoarang pebisnis online yang sejati. marilah mulai dari NOL sekarang dan jangan hnya melihat orang yang sudah sukses atau apalah. So, Go To Take Action Now !!

    sangat bermanfaat, semoga dengan adanya artikel ni aku jadi lebih berhati2 lagi dalam menjalani bisnis online karena TIME is MONEY.

    seorang pelajar sekaligus blogger newbie yang selalu tahu apapun itu.

    sincerely Yours,

    yang mengagumi MU.

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge