Struktur Design Theme BLOG Personal Selling Yang Benar?

Apakah Anda seorang Professional Blogger?, Apakah Anda seorang Internet Marketer?, atau Apakah Anda seorang Product Owner?. Jika “YA“, Anda harus paham Konsep Struktur Design Theme BLOG Anda agar dapat menghasilkan Profit.


Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Sudah bukan hal yang tabu lagi kalau BLOG dapat memberikan penghasilan kepada pemilik BLOGnya. Kalau tidak salah 3 hari yang lalu, saya melakukan BLOG Walking dan melihat banyak sekali pemain Adsense, Affiliate Marketing hingga Product Owner di Indonesia ini dan tandanya pengguna Internet di Indonesia sudah mulai banyak yang melihat Peluang Penghasilan atau Tambang Emas di dunia Maya.


Selain BLOG Walking, saya juga memperhatikan setiap Design Theme yang unik dan bagus dari masing-masing BLOG, tetapi dari setiap BLOG yang saya kunjungi banyak juga yang Pondasi/Strukturnya salah.

 

Lho? Salah dimana? Kan Designnya Unik dan Bagus?. Ditambah content/isi juga mendukung…


Like i said, “Banyak Pondasi/Struktur BLOG yang salah“. Mungkin diantara Anda yang kebetulan sedang membaca Artikel ini merasa Frustasi karena hampir 1 tahun berpetualang dalam dunia Internet Marketing tetapi belum juga mendapatkan Profit padahal sudah banyak membaca Informasi dan mendownload eBook dari para Pakar Internet Marketing. So, kesalahan terletak dimana?. Kesalahan berada di para Pakar Internet Marketing yang memberikan Informasi berbentuk eBook atau terletak pada diri Anda yang kelebihan Informasi?. :P


Dulu tahun 2007, saya juga sama seperti Anda. Mencari-cari Informasi mengenai Internet Marketing dan mendownload begitu banyak eBook dari para Pakar Internet Marketing Dalam dan Luar Negeri. Sampai akhirnya saya menemukan jawaban bahwa Kesalahan bukan berada di para Pakar Internet Marketing, melainkan Kesalahan berada di diri saya yang terlalu banyak membaca, but NO ACTION!.


Jadi ketika saya TAKE ACTION!, saya bingung harus mulai darimana dan bagaimana?!.
Apakah Saat ini Anda Juga Melakukan Kesalahan Yang Sama sepeti yang saya lakukan dulu? yaitu, kelebihan Informasi dan bingung ketika mau TAKE ACTION!. Jangan khawatir, Anda akan Menemukan Jawabannya.


Ada 2 Kesalahan Utama Kenapa Anda Belum Menghasilkan Profit di Internet, yaitu:
1. Anda kelebihan Informasi sehingga Binggung untuk Take Action.
2. Anda memiliki Pondasi/Struktur BLOG yang salah atau tidak benar!.


Kalau Anda merasa tidak kelebihan Informasi dan sudah Take Action, bagaimana dengan Kesalahan Utama nomor 2?.


Dalam Artikel ini, saya akan membagikan Tips yang saya dapat dan pelajari dari seorang Internet Business Consultant kelas Dunia. Beliau adalah salah satu Mentor saya dalam Blogging for Business atau Blogging for Personal Selling. Beliau pernah mengatakan:
Profit bukan ditentukan dari Isi/Content BLOG, melainkan dari Struktur BLOG. Apakah BLOG itu enak dipandang mata atau membuat mata pengunjung sakit?. Dan Isi/Content adalah Nomor ke-3 setelah Design BLOG“.

 

Ok Andhika, saya mengerti sekarang.. Lalu bagaimana Pondasi atau Struktur BLOG yang Benar untuk Blogging for Business atau Blogging for Personal Selling?. Saya menjadi sangat penasaran sekali..


Ini alasan saya Kenapa AndhikaWijayaKurniawan.com Menggunakan Theme 2 Column dan bukan 3 Column, 4 Column atau Magazine Theme?!. Perhatikan Pondasi atau Struktur Dasar Theme BLOG for Personal Selling dibawah ini:

 


Tidak ada yang beda dengan Pondasi atau Struktur Theme BLOG yang Standard WordPress bukan?. Yes!, Justru itu yang terbaik untuk Business or Personal Selling Anda. But, bukan berarti saya menganjurkan Anda untuk menggunakan Theme Standard WordPress. Kenapa?. Karena sejujurnya tidak ada nilai Jual dari Theme itu. :P


Yuk kita bahas satu per satu dan sepertinya Artikel ini akan menjadi Artikel terpanjang dalam WeBLOG saya. :)


Design Header Anda
Ketika pertama kali Anda berkunjung ke BLOG seseorang, Apa yang Anda perhatikan terlebih dahulu?. Isi/Content atau Design BLOG?. Survey dan Fakta mengatakan bahwa 83.8% orang melihat Design terlebih dahulu baru Isi/Content BLOG. Sama halnya ketika Anda pertama kali ketemu dengan seseorang, pasti yang Anda lihat ada penampilan orang itu, Apakah benefit/bisa dipercaya atau tidak. Dengan begitu Design Header BLOG Anda akan menjadi Branding untuk Anda.


Perhatikan Design Header dari WeBLOG saya:

 

Header BLOG

Apa yang Anda temukan di Header BLOG saya?.
Tentunya ada sebuah Logo, kemudian ada Penekanan bahwa ini adalah BLOG saya, ada Foto saya dan juga terakhir Motto saya untuk semua Sahabat AndhikaWijayaKurniawan.com.


Yang ada dipikiran Anda ketika Pertama kali mengunjungi WeBLOG ini, Anda langsung kenal dengan pemilik BLOG dan langsung membawa Anda untuk melihat Profile Pemilik BLOG ini, sehingga dari perkenalan membawa sebuah kenyamanan.


Kedua, Anda pasti akan melihat dan penasaran dengan LOGO “Success Professional Learning Center” yang kemudian pasti langsung Anda cari tahu tentang Logo itu.


Simple is OK, but the important thing is People bisa memahami arti dari WeBLOG Anda. :)

 


Menu/Page/Navigation
Salah satu yang membuat orang malas untuk mengunjungi Navigasi/Page/Menu Anda adalah Karena Berantakan sehingga memberikan reaksi Bingung pada Pengunjung BLOG Anda.


They’ll think, “Mana ya Navigasi untuk ke A? atau Navigasi untuk ke B?“. Kesalahan banyak BLOG adalah meletakan semua Navigasi diluar sehingga membentuk deretan atas dan bawah. Berpikir untuk memberikan Kemudahan kepada Pengunjung memang baik, tetapi Penataan dan Kerapian akan lebih baik.

 


Ok sekarang memasuki Inti dari Pondasi atau Struktur Theme BLOG for Business or Personal Selling.


Dalam Design Theme BLOG bagian Main Page (Posting BLOG dan Widget BLOG) pada umumnya terdapat 3 Bagian, yaitu: Power of Selling, Deepening, dan terakhir Relaxation. Uda seperti Hypnotis Time ya.., but itu Faktanya dan Anda harus pelajari itu untuk bisa membuat The Power of BLOGGING for Personal Selling or Business.


Perhatikan kembali Struktur Dasar Theme BLOG diatas yang merupakan Pondasi Dasar BLOG Anda.
Apakah Anda saat ini berpikir yang dimaksud dengan Power of Selling terletak pada Posting BLOG? atau jika salah, menebak kembali berada di Widget Pertama?. Lalu Deepening kalau tidak di pertengahan Posting BLOG pasti di pertengahan Widget?. Jawabannya adalah WRONG!. :P


Kembali lagi ke pertanyaan, Kenapa AndhikaWijayaKurniawan.com menggunakan Theme BLOG 2 Column dan bukan 3 Column, 4 Column atau Magazine Theme?. Saya balikan kembali pertanyaan kepada Anda sebelum saya menjawab. Apa Tujuan Anda Datang Ke Suatu BLOG?. Mencari Informasi atau hanya sekedar berkunjung?. Pasti Anda mencari sebuah Informasi. Bagaimana kalau Informasi tersebut susah dicari?. Sudah pasti Anda akan langsung menutup BLOG itu tanpa mencari lagi.


Setiap orang yang datang ke Internet selalu mencari Solusi atau Informasi. Dan secara International, setiap orang pasti membaca dari Kiri ke Kanan. Agar mudah dipahami, saya akan menampilkan keseluruhan WeBLOG saya:

 

full blog

Dari gambar WeBLOG saya diatas, Anda sudah bisa mengambil sebuah Kesimpulan bahwa Setiap orang pasti ingin mudah mencari sebuah Informasi. Dan Anda pun akan dapat menawarkan Product atau Jasa Anda.


Ok, sekarang kita akan bahas mengenai Main Page.


Main Page: The Power of Selling
adalah dimana Anda harus bisa memberikan Penawaran Terbaik Product atau Memancing Pengunjung untuk bisa masuk ke Opt-In Anda. Perhatikan bagian The Power of Selling dari WeBLOG saya:

 

full blog

Seperti yang Anda lihat, dalam kolom A, saya memberikan Penawaran Pertama yaitu Subscribe RSS, kemudian Perkenalan berbentuk Video untuk menarik perhatian dan terakhir pada kolom B adalah Product/Opt-in.

 

full blog

Dan itu yang disebut dengan The Power of Selling yang dimana Setiap Mata Pengunjung pasti Melihatnya pada tampilan Awal/Pertama.

 


Main Page: Deepening.
adalah masa dimana Pengunjung mulai merasa nyaman berada di BLOG Anda yaitu dengan memberikan isi/content yang menarik dan tidak lepas dari The Power of Selling.

 

full blog

Kalau Anda bisa membuat Pengunjung tinggal dalam BLOG Anda selama 60 detik, berarti Anda berkesempatan mendapatkan Profit dari pengunjung.

 


Main Page: Relaxation.
adalah masa dimana Pengunjung mulai merasa santai dan sangat nyaman berada di BLOG Anda untuk baca setiap Postingan sambil melihat Jasa Layanan atau Product Jual Anda. Dan ingat tetap Fokus pada The Power of Selling.

 

full blog

Kalau Anda sudah bisa membawa Pengunjung untuk balik lagi ke BLOG Anda, berarti Anda sudah berhasil membawa Pengunjung memasuki Main Page Relaxation. Perhatikan gambar WeBLOG saya pada Kolom C, yaitu tahap dimana Pengunjung berkesempatan untuk terus membaca hingga sampai akhir BLOG.


Ok selesai sudah Artikel mengenai Struktur Design Theme BLOG Personal Selling Yang Benar dan Jawaban Kenapa AndhikaWijayaKurniawan.com Menggunakan Theme 2 Column juga sudah terjawab.


Dan jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

 


Semoga Pengalaman dan Tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah seorang Online Business Coach™, Konsultan Digital Strategi dan Konsultan Bisnis. Founder & CEO of Indonesia Digital Agency., Executive Director of AWK Academy,. CEO of Andhika Jaya Swakarsa

29 thoughts on “Struktur Design Theme BLOG Personal Selling Yang Benar?

  1. Luar Biasa!
    Penjelasan yang sangat detail dan pasti banyak yang tersindir (Ups…) :-)
    Yang masih acak-acakan dengan tataletak blognya pasti bisa langsung memperbaikinya setelah membaca artikel ini.

    Salam Blogging Mas Andhika!

  2. Lulu Kemaludin :

    Luar Biasa!
    Penjelasan yang sangat detail dan pasti banyak yang tersindir (Ups…) :-)
    Yang masih acak-acakan dengan tataletak blognya pasti bisa langsung memperbaikinya setelah membaca artikel ini.

    Salam Blogging Mas Andhika!

    @Lulu Kemaludin
    Thank you, semoga bermanfaat.. :)

  3. Wow, ane baru tahu gan. ternyata malah bentuk basic itu yang bagus ya.
    Ini namanya blog yang ergonomis… membuat pengunjung aman, nyaman dan tentram hahaha….

  4. maniak :

    Wow, ane baru tahu gan. ternyata malah bentuk basic itu yang bagus ya.
    Ini namanya blog yang ergonomis… membuat pengunjung aman, nyaman dan tentram hahaha….

    @maniak
    Yeap, kurang lebih begitu.. Ditambah, ga sakit mata.. :D

  5. Mas Andhika,apa yang anda katakan itu betul sekali dan saya do agree with your oppinion.
    Tapi yang saya bingung memang saya telah kelebihan informasi sehinga stuck
    Saya pemula di dunia online business,saya ingin mendapatkan hasil dari online business,belum juga memulai sudah harus keluar uang untuk ini dan itu karna itu saya kebingungan,apa saran anda.
    kalau saya liat iklan anda menawarkan untuk membuat blog,berapa harganya saya tdk punya produck sendiri
    Thanks

Berikan komentar/pendapat berkualitas dan terbaik Anda,

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


CommentLuv badge