Instagram Searchable Maps Saingan Google Business Profile

Instagram Searchable Maps Saingan Google Business Profile?

Andhika Wijaya Kurniawan | Instagram Searchable Maps Saingan Google Business Profile? – Jaman sekarang yang serba digital saat ini rasanya tidak mungkin pengguna internet di Indonesia yang tidak memiliki akun Instagram bahkan dari anak kecil hingga dewasa saja sudah memiliki akun Instagram untuk aktifitas tertentu.

Tahun 2022 ini saya sedang mengadakan kampanye tentang penggunaan Google My Business yang sekarang menjadi Google Business Profile yang dimana pemilik bisnis kalau ingin mengembangkan bisnis dan menjaring konsumen maka wajib memiliki serta optimasi bisnis mereka kedalam Google Business Profile, karena tren perkembangan bisnis secara digital mengarah kesana.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling sering dibuka dan digunakan selain TikTok dikarenakan Instagram menjadi tempat untuk Anda dan saya bisa berbagi kenangan atau momentum tertentu yang dimana bisa dilihat oleh banyak orang, walaupun tidak semua orang membuat akun Instagram mereka menjadi public, akan tetapi Instagram tetap menjadi media sosial bergengsi.

Baru-baru ini pemilik perusahaan Meta, seperti kita kenal namanya dengan Mark Zukerberg, baru saja memberikan pengumuman mengenai update terbaru Instagram yang dimana mereka mengeluarkan fitur pencarian map yang bisa digunakan untuk melihat dan menemukan tempat hangout ataupun bisnis lokal di kota Anda, dan fitur ini akan diberikan nama Instagram Searchable Maps oleh pihak Meta.

Saya pribadi sangat penasaran dengan fitur Instagram Searchable Map yang katanya hampir mirip dengan Google Business Profile / Google My Business, yang dimana pengguna Google Maps bisa mencari lokal bisnis yang telah terdaftar.

Seharusnya dengan adanya Instagram Searchable Maps ini dan kalau dilihat dari pengguna Instagram, maka akan sangat membantu pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka serta mendapatkan pelanggan dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Instagram Searchable Maps VS Google Business Profile

Apa yang menjadi perbedaan antara Instagram Searchable Maps dengan Google Business Profile?. Dalam praktiknya, pengalaman baru Instagram Maps mirip dengan menemukan Profil Bisnis di Google Maps.

Pengalaman Instagram lebih menarik dalam beberapa hal, karena Anda dapat melihat semua jenis konten visual yang diterbitkan oleh bisnis dan berinteraksi dengan mereka secara langsung.

Anda bahkan dapat melihat konten yang dibagikan oleh pelanggan lain, asalkan mereka menambahkan tag lokasi yang sesuai. Tetapi satu-satunya hal yang kurang dari Instagram Searchable Maps atau Instagram Maps adalah tidak adanya fitur ulasan pelanggan seperti yang diberikan oleh Google Busines Profile.

Membuat bisnis berada di Instagram Maps yang dapat dicari oleh semua pengguna Instagram tentunya adalah pembaruan yang signifikan untuk bisnis dan mungkin ini bisa menjadi sebuah alternatif dari Google untuk kebutuhan pencarian dalam bisnis lokal.

Bahkan Google sendiri mengakui adanya pergeseran perilaku pencarian oleh pengguna yang dimana melalui Wakil Presiden Senior Google Prabhakar Raghavan menyatakan pada sebuah konferensi awal bulan ini:

Dalam penelitian kami, hampir 40% anak muda, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Penelusuran. Mereka pergi ke TikTok atau Instagram”.

Menurut saya pribadi, kedepannya media sosial seperti Instagram dan TikTok akan dengan cepat menjadi sebuah mesin pencari yang bisa membuat bisnis atau jualan akan semakin kuat di ranah media sosial tersebut.

Jadi kalau Anda sudah melakukan optimasi bisnis dan website Anda terhadap Instagram Searchable Maps maka jangan heran kalau Anda tiba-tiba mendapatkan pelanggan baru yang datang atau melakukan transaksi melalui akun Instagram Anda atau langsung ketempat Anda yang dimana mungkin saja mereka menemukan bisnis Anda melalui Instagram Maps.

Bahkan saya melihat Instagram Searchable Maps adalah sebuah peluang untuk pemilik bisnis dan juga Anda dalam memperluas penjualan bisnis Anda dengan low budget high impact, sisanya tinggal kreatifitas Anda dalam membuat akun Instagram Anda menarik sehingga mereka bisa follow (mengikuti) akun milik Anda.

Kapan Instagram Maps diluncurkan?

Nah hal ini yang saya belum tahu karena informasi yang didapatkan dari pihak Meta adalah mereka akan segera mengeluarkan fitur Instagram Searchable Maps pada Instagram Maps, jadi kita tunggu saja tanggal mainnya.

Yang pasti dari sekarang, Anda bisa mulai menyusun strategi pemasaran agar bisnis Anda bisa berkembang dan penjualan Anda naik dengan budget marketing yang minim dan hasil maksimal.

Kalau Anda belum memiliki website untuk bisnis Anda, maka saran saya buat dari sekarang, karena jaman sekarang ini sebuah website adalah sebuah indentitas dan keharusan untuk mendapatkan pelanggan / konsumen yang mencari produk atau jasa Anda melalui mesin pencari.

Kalau Anda tidak bisa buat website sendiri, maka team saya akan siap membantu Anda untuk membuatkan website bisnis Anda sesuai dengan tujuan Anda. Silahkan lihat penawaran Jasa Pembuatan Website dari Ideax Digital.

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published.

AUTHOR
Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah Indonesia's No.1 Digital Business Coach, Digital Strategist, Indonesia's #1 Digital Selling Expert, World-class Entrepreneur Mentor, dan Serial Entrepreneur.
Social Media

TUNGGU DULU! INI GRATIS TAPI PENTING!

Saya tidak ingin Anda FOMO!. Saya ingin Anda lebih dahulu mendapatkan informasi terbaru Digital Marketing dan juga strateg-strateginya. Tapi saya hanya bisa berikan kalau Anda bergabung menjadi PRIORITAS saya seperti 200.000++ orang lainnya.
PENTING!

© 2005 – 2022 Andhika Wijaya Kurniawan. All Rights Reserved.