Trend Digital Marketing Di Tahun 2022

Trend Digital Marketing 2022

Andhika Wijaya Kurniawan | Trend Digital Marketing 2022 – Tidak terasa kalau sebentar lagi akan memasuki tahun 2022 yang merupakan tahun dimana teknologi dan internet bukan lagi sebatas penggunaan untuk menjalankan bisnis, chat, email dan browsing saja melainkan akan lebih dari yang akan kita bayangkan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu mengeluarkan prediksi tren digital marketing, maka di tahun 2022 akan terdapat 3 (tiga) trend digital marketing yang akan booming dan banyak dijalankan semua pengguna internet untuk berbisnis, mengembangkan bisnis maupun untuk menghasilkan uang secara online.

TREN DIGITAL MARKETING TAHUN 2022

Berikut adalah Trend Digital Marketing di Tahun 2022 yang akan booming atau banyak yang akan menjalankannya.

Trend #1: Kembalinya Email Marketing

Semakin tinggi aktifitas online, maka semakin tinggi juga kebutuhan email yang akan digunakan. Bayangkan, jaman sekarang, Anda tidak lagi membutuhkan hard-disk atau flash-disk untuk bisa menyimpan data, melainkan Anda memiliki Google Drive dari Google dan One Drive dari Microsoft yang bisa Anda gunakan secara gratis maupun upgrade kapasitas yang lebih besar.

Begitu juga email yang sampai sekarang masih menjadi salah satu alternatif komunikasi yang menurut saya terbaik karena semua data komunikasi bisa terekam dan tersimpan dengan baik di email.

Dengan kelebihan tersebut, maka tidak heran kalau sejak internet populer, banyak yang mencari cara untuk bisa melakukan pemasaran melalui email.

Pernah booming di tahun 2009 hingga tahun 2018 sebelum social media menjadi booming di tahun 2019 dan sebelum marketplace menjadi pilihan utama untuk berjualan. Tapi keduanya memiliki kekurangan yaitu Anda harus terus menerus mencari pelanggan / prospek baru, karena Anda tidak memiliki database pelanggan untuk bisa Anda follow-up.

Tetapi dengan menerapkan email marketing, maka secara otomatis, Anda akan memiliki database pelanggan / prospek yang bisa Anda follow-up dan bahkan Anda bisa jualan dengan menggunakan email.

Trend Digital Marketing 2022 - Email Marketing

Gambar diatas adalah salah satu contoh penggunaan email marketing yang saya gunakan untuk berkomunikasi dengan pengunjung blog, dan mungkin termasuk Anda juga.

Kalau Anda ingin mencoba atau mengetahui cara kerja email marketing, maka Anda bisa gabung menjadi #SahabatAWK dengan cara menjadi prioritas saya disini.

Bahkan secara tidak sadar, platform marketplace yang Anda gunakan untuk jualan, juga menggunakan email marketing sebagai sarana informasi dan follow-up kepada Anda. Salah satunya yang akan saya jadikan contoh adalah marketpace Tokopedia.

Trend Digital Marketing 2022 - Marketplace Tokopedia

Di Tahun 2022, aktifitas email marketing bukan lagi menjadi pilihan alternatif melainkan menjadi wajib Anda gunakan karena seiring dengan perkembangan bisnis Anda, tentu Anda membutuhkan tempat untuk mengumpulkan database.

Kalau Anda tidak ingin report mencari platform email marketing yang sekaligus bisa Anda gunakan sebagai group komunitas, maka Anda bisa mencoba platform dari sahabat saya yang merupakan platform karya anak bangsa, yaitu Tribelio, yang bisa Anda lihat disini.

Trend Email Marketing 2022 - Tribelio

Trend #2: MUM Local SEO

Trend Local SEO ini pernah saya bahas di Trend Digital Marketing 2021, yang dimana merupakan salah satu trend yang sekarang menjadi booming dan sudah banyak digunakan oleh UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka serta visibilitas bisnis mereka di search engine.

Dengan algoritma terbaru Google yaitu MUM (Multitask United Model) maka penggunaan Local SEO akan semakin mudah dan seharusnya kalau Anda terapkan, maka Local SEO akan menjadi alternatif tercepat visibilitas bisnis Anda di search engine.

Trend Digital Marketing 2022 - Local SEO

Pengertian sederhana dari Local SEO adalah sebuah metode dan strategi SEO untuk membuat visibilitas website serta bisnis Anda mudah ditemukan oleh pengunjung di kota Anda atau daerah Anda. Dengan begitu, market Anda akan lebih spesifik, dan bukan berarti optimasi normal atau strategi SEO pada website akan diabaikan, melainkan sebelum Anda melakukan strategi Local SEO, website Anda wajib teroptimasi search engine terlebih dahulu.

Kalau Anda bingung caranya dan penerapannya, Anda bisa menggunakan Jasa SEO dari IdeaX Digital yang dimana kalau soal biaya jasa SEO sangat fleksibel sesuai kebutuhan Anda. Silahkan hubungi atau kunjungi IdeaX Digital.

Trend #3: Social Media Live Marketing (SMLM)

Semakin berkembangnya social media dan ecommerce, maka tidak heran kalau sekarang ini hampir rata-rata marketplace mengeluarkan fitur live yang bisa dimanfaatkan oleh anggota / pengguna yang jualan untuk memasarkan dan promosi produk miliknya.

Trend Digital Marketing 2022 - Social Media Live Marketing - Shopee

Begitu juga social media di tahun 2022 akan semakin banyak yang memanfaatkan fitur live untuk memasarkan produk yang dijual, dan sebenarnya sudah dimulai dari tahun 2021 oleh social media TikTok, yang dimana mereka mengeluarkan fitur live dan shopping yang dijadikan satu, dengan tujuan anggotanya bisa memasarkan dan mempromosikan produk jualannya.

Trend Digital Marketing 2022 - Social Media Live Marketing - TikTok

Bahkan Instagram pun sudah mulai ingin mengeluarkan Reels dan IGTV yang digabungkan dengan IG Shopping milik mereka yang terintegrasi dengan facebook Shopping / marketplace.

Dengan Social Media Live Marketing, maka tidak perlu kaget kalau akun social media Anda akan dipenuhi oleh promosi-promosi.

Dengan 3 (tiga) Trend Digital Marketing di tahun 2022 yang akan booming dan sudah saya bagikan, semoga Anda bisa mempersiapkan sesuatu yang baru untuk meningkatkan penjualan Anda dan mengembangkan bisnis Anda.

ADVERTISEMENT

Submit a Comment

Your email address will not be published.

AUTHOR
Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah Indonesia's No.1 Digital Business Coach, Digital Strategist, Indonesia's #1 Digital Selling Expert, World-class Entrepreneur Mentor, dan Serial Entrepreneur.
Social Media

TUNGGU DULU! INI GRATIS TAPI PENTING!

Saya tidak ingin Anda FOMO!. Saya ingin Anda lebih dahulu mendapatkan informasi terbaru Digital Marketing dan juga strateg-strateginya. Tapi saya hanya bisa berikan kalau Anda bergabung menjadi PRIORITAS saya seperti 200.000++ orang lainnya.
PENTING!

© 2005 – 2022 Andhika Wijaya Kurniawan. All Rights Reserved.