Waspadai “Skygofree” Malware Baru Pencuri Pesan WhatsApp!

Pengguna WhatsApp telah diberi peringatan tentang jenis malware baru yang memiliki kemampuan masuk ke aplikasi dan mencuri pesan Anda.

Cyberbug baru yang dikenal sebagai Skygofree, ternyata diam-diam dapat memantau percakapan dan menyalin pesan pribadi tanpa persetujuan Anda.

Mengingat aplikasi ini digunakan oleh lebih dari 1,3 miliar orang di seluruh dunia, malware ini memiliki potensi untuk menimbulkan risiko keamanan yang besar bagi semua orang.

Ahli Cyber Security Kaspersky Lab menemukan Skygofree dan menggambarkannya sebagai salah satu alat spyware paling kuat yang pernah dilihat.

Virus ini juga dapat menyerang perangkat Android yang rentan dan mendapatkan akses ke pesan WhatsApp Anda melalui Layanan Aksesibilitas.

Jika perangkat yang terinfeksi berada di lokasi tertentu, virus dapat memicu mikrofon ponsel Anda dan mencatat apa yang orang katakan juga.

Kaspersky telah mengkonfirmasi, meskipun namanya virus tidak ada hubungannya dengan penyiar Sky, atau aplikasi Sky Go yang serupa. Kaspersky telah mengeluarkan sebuah pernyataan tentang virus yang ditemukannya.

Skygofree Android implan adalah salah satu alat spyware paling kuat yang pernah kita lihat untuk platform ini. Sebagai hasil dari proses pengembangan jangka panjang, ada beberapa kemampuan luar biasa: penggunaan beberapa eksploitasi untuk mendapatkan hak istimewa akar, struktur muatan yang rumit, fitur pengawas yang tidak pernah terlihat sebelumnya seperti merekam audio di lokasi yang ditentukan,” tulisnya.

Menurut Lab Kaspersky, Skygofree diciptakan setidaknya tiga tahun yang lalu dan sejak saat itu malware telah menyebar melalui situs yang dioperasikan oleh hacker.

Ada isu mengatakan bahwa spyware ini dikembangkan oleh Negg International, perusahaan cybersecurity di Italia.

Karena itu, untuk menjaga keamanan aplikasi messenger WhatsApp Anda, segera lakukan update apabila terdapat notifikasi update atau selalu cek Google Play Anda dan langsung update apabila terdapat WhatsApp berada dalam list update Anda.

ADVERTISEMENT

Submit a Comment

Your email address will not be published.

AUTHOR
Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan

Andhika Wijaya Kurniawan, adalah Indonesia's No.1 Digital Business Coach, Digital Strategist, Indonesia's #1 Digital Selling Expert, World-class Entrepreneur Mentor, dan Serial Entrepreneur.
Social Media

TUNGGU DULU! INI GRATIS TAPI PENTING!

Saya tidak ingin Anda FOMO!. Saya ingin Anda lebih dahulu mendapatkan informasi terbaru Digital Marketing dan juga strateg-strateginya. Tapi saya hanya bisa berikan kalau Anda bergabung menjadi PRIORITAS saya seperti 200.000++ orang lainnya.
PENTING!

© 2005 – 2022 Andhika Wijaya Kurniawan. All Rights Reserved.